Amerika Serikat telah mencegah seorang aktivis Palestina yang telah menggagas gerakan boikot Israel untuk masuk ke Amerika serikat. Padahal, aktivis bernama Borghouti  itu memiliki dokumen perjalanan yang lengkap.

Institut Arab Amerika, yang mengatur perjalanan itu, mengatakan bahwa pihak berwenang tidak memberikan penjelasan apa pun kepada Barghouti atas penolakan tersebut.

Barghouthi adalah seorang aktivis Palestina terkemuka. Dia terlibat dalam pembentukan gerakan BDS, yang berupaya menggunakan tekanan keuangan untuk menarik perhatian kepada kebijakan permukiman Israel di Tepi Barat yang diduduki.

Barghouthi mengatakan bahwa dirinya dicegah memasuki Amerika Serikat, meskipun memiliki semua dokumen perjalanannya legal. Menurutnya ini adalah larangan yang bersifat ideologis dan politis, bagian dari tindakan represif Israel yang meningkat terhadap para pembela HAM dari Palestina. Barghouti menyatakan bahwa dirinya akan pergi ke Amerika Serikat untuk menghadiri pernikahan putrinya.

Pada gilirannya, Departemen Luar Negeri Amerika serikat menolak untuk mengomentari larangan tersebut dan mengatakan rincian status visa individu tidak dapat didiskusikan. (melayu.palinfo/admin).

%d blogger menyukai ini: