Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas mengajak kepala daerah ikut serta berperan aktif menggeliatkan zakat di daerah guna menyejahterakan masyarakat. Hal ini sebagaimana diutarakan oleh Ketua Baznas Bambang Sudibyo, Senin kemarin.

Ia menjelaskan dana yang dihimpun melalui Baznas akan disalurkan langsung untuk menyejahterakan rakyat melalui berbagai program.  Menurutnya, potensi zakat nasional sangatlah besar dan daerah dapat memanfaatkan hal tersebut untuk membantu mengentaskan kemiskinan. Ia juga menyatakan Baznas akan menjaga integritas, akuntabilitas, dan transparansi untuk menjaga kepercayaan masyarakat.

Menurut Bambang sudibyo, estimasi potensi zakat dapat mencapai lebih dari 200 triliun pada 2018, dan melalui dana ini dapat membantu mengangkat harkat hidup masyarakat.

Menurutnya, zakat tidak bisa dipaksakan melainkan tumbuh atas kesadaran diri sehingga perlu dilakukan sosialisasi pentingnya berzakat bagi masyarakat. Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan berzakat di daerah penggerak utamanya adalah kepala daerah, sehingga kepala daerah diposisikan sebagai contoh bagi masyarakat.

 khazanah.republika/admin

%d blogger menyukai ini: