Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendorong agar industri halal, perbankan dan keuangan syariah di Indonesia terus berkembang. Untuk industri halal, Kiai Ma’ruf meminta agar produksi industri makanan dan minuman halal di dalam negeri harus ditingkatkan sehingga dapat diekspor ke luar negeri.

Ia mengatakan Indonesia jangan hanya menjadi negara yang memberikan sertifikat halal, dan menjadi konsumen produk halal; tetapi Indonesia juga menjadi produsen produk halal yang mengekspor ke berbagai negara.

Selain menjadi produsen makanan dan minuman halal, Wapres juga mendorong industri keuangan dan perbankan syariah di Indonesia terus dikembangkan, khususnya wakaf dan zakat.

Ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia memiliki potensi besar mengingat jumlah penduduk terbanyak beragama Islam. Pengembangan ekonomi dan keuangan syariah juga dapat memperkuat ketahanan ekonomi nasional, jelas Ma’ruf.

Namun, kegiatan ekonomi umat berbasis syariah di Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara-negara lain yang berpenduduk Muslim.

Oleh karena itu, Wapres meminta pelaku kegiatan perekonomian di Indonesia untuk bersinergi dalam membangun perekonomian syariah dan konvensional.

https://suaraislam.id/buka-isef-2019-wapres-ingin-industri-halal-dan-keuangan-syariah-berkembang/

%d blogger menyukai ini: