Surat kabar Ma’arif melaporkan pada Ahad (24/05), bahwa ketegangan dilaporkan telah menyelimuti hubungan Israel – Finlandia. Menyusul larangan pihak Finlandia terhadap Dana Nasional Israel “Jewish National Hecaimit” ikut serta dalam pameran untuk organisasi-organisasi non pemerintah yang diselenggarakan setiap tahun di ibukota Helsinki.

Pameran yang didanai Palang merah dan Uni Eropa ini akan diselenggarakan pekan depan dan kegiatannya akan difokuskan pada Afrika dan Timur Tengah. Sebelumnya, “Jewish National Hecaimit” telah mendapatkan izin ikut dalam pameran. Namun belakangan menerima pencegahan untuk ikut, dikarenakan adanya tanda tanya atas legalitas kegiatannya.

Menyusul pencegahan ikut dalam pameran ini, organisasi wanita Yahudi menyatakan tidak ikut dalam pameran dan juga organisasi komunitas Yahudi di Finlandia telah menyatakan memboikot pameran ini.

Dalam konteks terkait, Profesor Rasinan dari Universitas Helsinki yang terkenal anti-penjajah Israel, mengatakan bahwa dirinya puas dengan keputusan ini dan menilai itu merupakan kemenangan gerakan pemboikotan terhadap Israel di Eropa (BDS). Menurut laporan, keputusan Finlandia tersebut memicu kemarahan di Israel. Namun tidak berdampak pada hubungan kedua negara.

[al-khad/salamfm/sm/islampos]

%d blogger menyukai ini: