Masjid Raya Jakarta Islamic Center Jakarta Utara sudah mempersiapkan dua ruangan untuk menampung ratusan pencari suaka dari berbagai negara yang saat ini berkemah di sepanjang Jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat.

Kepala Sekretariat Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta, Ahmad Juhandi, mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan ruangan yang masing-masing berukuran 340 meter persegi dan 130 meter persegi.

Dia mengatakan data tersebut adalah data terbaru yang diterimanya dari Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi atau UNHCR. Lokasi yang disediakan pengelola JIC tersebut juga menyediakan kamar mandi terpisah untuk laki-laki dan perempuan, meski jumlahnya terbatas.

Dari 229 pengungsi tersebut, hampir 150 orang dari Afghanistan, 52 orang dari Sudan, selebihnya adalah dari somalia dan pakistan.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi telah meninjau lokasi pengungsian yang ditempati oleh 229 orang itu. Ia mengatakan bahwa para pencari suaka akan dipindahkan sementara ke Jakarta Utara.

Keputusan tersebut diambil setelah DPRD DKI Jakarta berdiskusi dengan UNHCR, para pengungsi dan eksekutif dari DKI Jakarta. (republika/admin)

%d blogger menyukai ini: