JAKARTA- Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan persaingan global (pasar bebas) yang akan dimulai pada awal Januari 2016 mendatang, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat menghimbau kepada pemerintah dan seluruh komponen bangsa agar mampu meningkatkan daya saingnya.

Demikian disampaikan Ketua Umum MUI Pusat KH. Ma’ruf Amin dalam konferensi pers di Gedung MUI Pusat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (29/12/2015).

“Dan juga secara sungguh-sungguh menggunakan potensi ekonomi dalam negeri secara produktif, baik yang berasal dari hilirisasi industry (sumber daya alam) maupun pengembangan industry manufactur serta peningkatan ekspor jasa,” imbuh Ma’ruf.

Selain itu, Ma’ruf menyoroti terkait dengan ekonomi syariah serta produk halal di Indonesia sampai dengan akhir tahun 2015. Di mana, dikatakannya, bahwa pertumbuhan maupun perkembangannya belum menunjukkan hasil yang optimal.

“Untuk itu, MUI meminta kepada Pemerintah agar memiliki political will dan keberpihakan terhadap sektor ekonomi syariah dan produk halal agar tahun 2016 dan menjadi momentum dalam upaya menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dan produk halal dunia,” demikian Ma’ruf berharap.* [ Adin/Salamfm/Achmad Fazeri/Hidayatulloh]