Wakil Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, mendesak Myanmar untuk mengambil tindakan segera terhadap kondisi Rohingya yang tidak mempunyai kewarganegaraan.

Berbicara pada sesi ke-41 Dewan HAM PBB, Kate Gilmore mengatakan pemerintah Myanmar harus menyediakan lingkungan yang diperlukan untuk kembalinya Rohingya.

Ia mengungkapkan bahwa belum adanya situasi yang kondusif untuk pengembalian pengungsi dan implementasi program-program di bawah Nota Kesepahaman sangat terbatas.

Gilmor mengatakan bahwa lebih dari 730 ribu orang hidup dalam kondisi kemanusiaan yang buruk di Bangladesh sebagai pengungsi.

Gilmore juga mendesak pemerintah Myanmar untuk memastikan bahwa kejahatan berat yang telah dilakukan terhadap Rohingya, dan sekarang komunitas etnis Rakhine, diselidiki dengan baik, transparan, tidak memihak, dan bahwa mereka yang bertanggung jawab diproses sesuai aturan hukum.

Myanmar harus membangun proses yang kredibel untuk mengakui status kewarganegaraan Rohingya dan kondisinya yang aman untuk kembalinya semua pengungsi ke tempat asal mereka sesuai dengan hukum internasional. (suaraislam/admin).

%d blogger menyukai ini: