Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal atau BPJPH tidak akan mempersulit UMKM untuk membuat sertifikat halal. Nantinya, bagi para UMKM, mereka hanya dikenakan biaya 10 persen saja dari harga normal. Hal ini sebagaimana diungkapkan Kepala BPJPH Kementerian Agama RI, Sukoso, saat dihubungi media jumat kemarin.

Bahkan, Sukoso menyampaikan bahwa BPJPH akan mengajak UMKM untuk datang ke Halal Center yang ada di kota mereka, untuk kemudian akan dibimbing. Halal Center ini yang akan membina para pengusaha UMKM.

Halal center berada di beberapa perguruan tinggi negeri untuk membina dan mempersiapkan para pengusaha UMKM, agar menghasilkan produk-produk halal berkualitas. Halal Center dengan kurikulumnya diharapkan bisa mengarahkan UMKM untuk memenuhi standar halal. Sukoso juga menyatakan bahwa Pengusaha UMKM tidak akan dipersulit dengan mengisi formulir, karena formulir ini ada di Halal Center.

Halal Center ini, nantinya akan memudahkan BPJPH untuk menginput data ke sistem. Model ini dianggap paling mudah dilakukan dengan bekerjasama pada perguruan tinggi negeri. (republika/admin).

%d blogger menyukai ini: