Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Sahabat hijrah yang dirahmati Allah . Mengerjakan shalat shubuh pada waktunya secara berjamaah merupakan sifat orang mukmin. Oleh karena itu, bagi kita kaum laki-laki, jangan sampe ketinggalan shalat subuh berjamaah di masjid. Apalagi memilih shalat subuh dirumah, padahal mampu berangkat ke masjid, ini bahaya banget. Mungkin lebih cocok disebut lelaki sholehah, karena yang shalat di rumah itu hanya kaum wanita.

Sobat, banyak sekali keutamaan yang akan didapat ketika kita shalat subuh berjamaah di masjid. Lalu apa saja sih keutamannya?.

Keutamaan yang pertama, bahwa mengerjakan shalat shubuh dan isya’ secara berjama’ah setara mengerjakan shalat sunnah semalam penuh. Tentunya ini keutamaan yang besar yang nggak boleh kita lewatkan.

Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim disebutkan.

مَنْ شَهِدَ الْعِشَاءَ فِى جَمَاعَةٍ كَانَ لَهُ قِيَامُ نِصْفِ لَيْلَةٍ وَمَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ وَالْفَجْرَ فِى جَمَاعَةٍ كَانَ لَهُ كَقِيَامِ لَيْلَةٍ

“Siapa yang menghadiri shalat ‘Isya berjamaah, maka baginya pahala shalat separuh malam. dan siapa yang melaksanakan shalat ‘Isya dan Shubuh berjamaah, maka baginya pahala shalat semalam penuh.”

Kemudian keutamaan yang kedua dari shalat subuh berjamaah adalah, orang yang melaksanakan shalat subuh secara berjamaah, maka dia akan mendapat jaminan dan perlindungan dari Allah , nah, siapa sih diantara kita yang tidak mau mendapatkan jaminan Allah di setiap hari dalam hidup kita?.

Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim disebutkan.

مَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فَهُوَ فِى ذِمَّةِ اللَّهِ فَلاَ يَطْلُبَنَّكُمُ اللَّهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَىْءٍ فَيُدْرِكَهُ فَيَكُبَّهُ فِى نَارِ جَهَنَّمَ

“Barangsiapa yang shalat subuh, maka ia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu, janganlah menyakiti orang yang shalat Shubuh tanpa jalan yang benar.  Jika tidak, Allah akan menyiksanya dengan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.”

Selain itu sobat, Rasulullah mengabarkan bahwa ketika seseorang tidur, syetan mengikatnya dengan tiga ikatan. Jika tidak dilepaskan, ikatan-ikatan ini berpengaruh pada jiwa dan semangat. Khususnya semangat beramal. Jadi jangan heran jika kita lupa membaca doa ketika bangun tidur, bangun telat, plus ditambah nggak shalat subuh berjamaah, kita jadi malas-malasan dalam beramal. Coba bayangkan jika hal itu kita lakukan setiap hari, kita tentu semakin hari semakin malas beramal dan semakin mudah dipengaruhi setan.

Rasulullah-saws- bersabda.

يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلاَثَ عُقَدٍ

Ketika kalian tidur, setan membuat tiga ikatan di tengkuk kalian.

يَضْرِبُ كُلَّ عُقْدَةٍ عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيلٌ فَارْقُدْ ،

Di setiap ikatan setan akan mengatakan.“Malam masih panjang, tidurlah!.”

فَإِنِ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ ، فَإِنْ تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ ،

Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika ia berwudhu, lepas lagi satu ikatan berikutnya.

فَإِنْ صَلَّى انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ ، وَإِلاَّ أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلاَنَ

Kemudian jika ia mengerjakan shalat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, jiwanya jadi kotor dan malas.”

[Hadits riwayat Imam Bukhori]

Sahabat hijrah, jika kita bangun dari tidur, kemudian berzikir kepada Allah , lalu berwudhu dan melaksanakan shalat subuh maka lepaslah seluruh tali ikatan yang diikatkan setan, sehingga kita merasakan ketentraman dan semangat di sepanjang hari kita. Tapi jika kita tidak melakukannya, maka kita akan melalui hari-hari kita dengan malas.

Kemudian sahabat, keutamaan yang ketiga dari shalat subuh berjamaah adalah, bahwa shalat subuh bisa menjadi sebab masuk surga.

Hal ini sebagaimana disebutkan di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim yang artinya.

مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّةَ

“Barangsiapa yang shalat didua waktu yang dingin niscaya masuk surga.”

Adapun yang dimaksud الْبَرْدَيْنِ yang berarti dua waktu yang dingin” adalah shalat shubuh dan ashar.

Kemudian keutamaan yang keempat, Para Malaikat berkumpul menghadiri shalat shubuh.

Hal ini sebagaimana yang difirmankan Allah di dalam quran surat al-Isro ayat 78.

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan dirikanlah pula shalat subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan oleh malaikat.”

Nah sahabat hijrah, tentunya rugi banget ya kalo sampe kita melewatkan shalat subuh berjamaah di masjid. lalu apa yang harus kita lakukan supaya kita nggak melewatkan shalat subuh berjamaah?. nah, sahabat, ada tips-tips supaya kita bisa bangun tidur tepat waktu dan nggak kesiangan shalat subuh.

Yang pertama, hendaknya kita segera tidur setelah shalat isya. bahkan nih sob, Rasulullah aja membenci seseorang yang tidur sebelum shalat isya’ dan banyak bercerita setelah shalat isya’ kecuali ada kebaikan dan mashlahat didalamnya.

Nah, lebih baik segera tidur jika memang tidak ada kegiatan yang bermanfaat, karena banyak sekali anak muda yang menghabiskan waktu malamnya dengan begadang, begadangnya pun kadang diisi dengan hal-hal yang tidak bermanfaat.

Kemudian tips yang kedua, hendaknya menjaga adab-adab ketika hendak tidur, yakni dengan berdo’a dan membaca dzikir sebelum tidur. Yakni dengan membaca ayat qursi, membaca tiga surat terakhir dari al-Qur’an, sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah juga, kita dianjurkan mengusap kedua tangan lalu ditiup dan dibacakan surat al-ikhlas, al-falaq dan an-nas, jangan lupa pula berwuhdu sebelum tidur.

Tips yang ketiga, Meminta tolong kepada orang yang disekitar, keluarga atau teman untuk membangunkannya di waktu subuh, atau kalau nggak bisa pasang alarm dengan suara yang kenceng.

Nah itulah sahabat, keutamaan shalat subuh berjamaah dan tips-tips supaya bisa bangun tepat waktu di waktu shubuh. semoga pemaparan ini bisa menjadi inspirasi untuk menambah semangat kita dalam beribadah, dan tentunya jangan sampe telat shalat subuh berjamaah ya, apalagi shalat subuh munfarid di rumah. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam,

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

%d blogger menyukai ini: