Direktur Bina Haji Kementerian Agama, Khoirizi Dasir, mengatakan bahwa 60 persen jamaah haji Indonesia masuk pada golongan lansia, berusia di atas 65 tahun, dan 54 persen perempuan pada musim haji tahun ini.

Oleh karena itu, petugas haji diminta untuk bertugas secara disiplin, memberikan pelayanan, pembinaan dan perlindungan kepada para jamaah, serta tidak menjadikan mereka sebagai beban.

Pesan itu disampaikan untuk Panitia Penyelenggara Ibadah Haji atau PPIH Arab Saudi Tahun 1440 Hijriyah, yang mulai diberangkatkan hari Kamis kemarin.

Sebanyak 446 petugas haji non-kloter yang akan bertugas di Kantor Urusan Haji, Daerah Kerja Madinah, Bandara, termasuk petugas kesehatan, melaksanakan apel pagi sebelum diberangkatkan ke tanah suci.

Mengenai kesiapan petugas, Khorizi menyatakan rasa syukurnya karena petugas sudah dilatih untuk berdisiplin dan diharapkan dapat mengimplementasikan harapan yang diberikan oleh Menteri Agama, Dirjen PHU, dan semua narasumber yang sudah membekali para petugas saat pembekalan. (hidayatullah/admin).