Imarah Islam Afghanistan atau Taliban melaporkan bahwa operasi militer Amerika Serikat menewaskan 26 warga sipil di distrik Paktika, Ghazni, Paktia dan Helmand. Demikian dimuat situs resmi Taliban Alemarah, melaporkan operasi dalam 24 jam terakhir.

Amerika dan pasukannya melakukan serangan di rumah-rumah sipil di daerah Perkoti di distrik Urgun, provinsi Paktika. Mereka menghancurkan 4 rumah, menghancurkan gerbang beberapa rumah lainnya, dan membunuh 6 warga sipil yang tidak bersalah.

Serangan drone di desa Batoro distrik Gero, provinsi Ghazni, juga menewaskan 3 warga sipil yang masih satu kerabat. Taliban menambahkan, serangan kedua di desa Matta Khan menewaskan 2 warga sipil.

Masih menurut Taliban, serangan gabungan Amerika di desa Khanano dan Barakziyo di distrik Sangin, Helmand, menghancurkan rumah. Tiga warga desa juga diculik dalam operasi tersebut.

Semua kejahatan ini terjadi ketika 9 warga sipil tak bersalah, termasuk wanita dan anak-anak menjadi korban di distrik Qaisar provinsi Faryab.

(kiblat/admin)

Marhaban Romadhon SImpatiFM