Pemerintah Kerajaan Arab Saudi akan membangun bandara baru di dekat Kota Makkah. Rencananya, kapasitas bandara yang diperuntukkan bagi jamaah haji ini lebih luas dari Bandara King Abdul Aziz di Jeddah. Informasi tersebut diungkapkan oleh Kepala Daerah Bandara Jeddah-Madinah, Arsyad Hidayat di Jeddah, Ahad kemarin.

Arsyad mendapatkan informasi rencana pembangunan bandara haji baru itu dari pertemuannya dengan Direktur Kementerian Haji Bandara King Abdul Aziz Jeddah Mamduh Bukhori pada Jumat pekan kemarin.

Berdasarkan prediksinya, rencana pembangunan bandara yang merupakan inisiatif Pemerintah Arab Saudi ini karena beberapa pertimbangan. Seperti lokasi bandara akan lebih dekat ke Makkah.

Seperti diketahui, jamaah haji membutuhkan waktu 1 sampai 2 jam untuk berangkat dari Jeddah menuju ke Makkah.

Pertimbangan lain, melihat kebutuhan layanan bagi jamaah haji dari seluruh dunia yang terus bertambah. Peningkatan layanan diharapkan lebih memberikan kenyamanan bagi jamaah haji yang baru tiba di Arab Saudi.

Akan tetapi, direktur kementerian haji tak mengungkapkan lebih detail tentang rencana pembangunan bandara baru. Baik soal lokasi maupun kepastian waktu pelaksanaan pembangunan.

(hidayatullah/admin)

Marhaban Romadhon SImpatiFM