Dewan Menteri Arab Saudi akan melanjutkan dukungan bagi Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina atau UNRWA. Komitmen tersebut dibuat saat mereka menggelar rapat reguler yang dipimpin Raja Salman bin Abdulaziz al-Saudi di Istana al-Salam, Jeddah.

Dalam pernyataan yang dirilis seusai pertemuan, Dewan Menteri Saudi juga mencantumkan tentang hak pengungsi Palestina untuk kembali ke tanah airnya.

Dewan Menteri Saudi menyatakan bahwa Hak warga Palestina dan keturunan mereka untuk kembali ke tanah airnya adalah hak yang tidak dapat dicabut, yang tidak berakhir waktunya karena itu adalah kemanusiaan, moral, hukum, dan politik yang dijamin resolusi internasional.

UNRWA mengalami krisis sejak Amerika Serikat memutuskan untuk menghentikan pendanaan atau kontribusi tahunannya untuk lembaga tersebut tahun lalu.

Selain Saudi, terdapat beberapa negara yang menopang pendanaan UNRWA pasca-ditinggal Amerika serikat. Mereka antara lain Jepang, Inggris, Swedia, Jerman, Kanada, Australia, Qatar, Uni Emirate Arab, dan Kuwait. Uni Eropa pun masih berkomitmen membantu misi kemanusiaan UNRWA. (republika/admin).

Marhaban Romadhon SImpatiFM