ASEAN siap memainkan peran utama dalam proses repatriasi pengungsi Rohingya dari Bangladesh ke Negara Bagian Rakhine, Myanmar. Hal tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Bangladesh, Abdul Momen.

seusai bertemu Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai di Dhaka, Momen menyatakan bahwa Thailand adalah ketua ASEAN saat ini dan mereka bersedia mengambil peran utama dalam proses repatriasi pengungsi Rohingya.

Pramudwinai, yang tak menghadiri sesi konferensi pers telah menyampaikan kepada Momen bahwa Thailand telah mengirim delegasi untuk mengunjungi desa-desa di Rakhine. Menurut Momen, delegasi asing yang pernah datang ke Rakhine sengaja tak ditunjukkan desa-desa terdampak operasi militer pada Agustus 2017.

Momen sempat menanggapi pertanyaan awak media tentang proposal Bangladesh untuk membentuk “zona aman” di Rakhine bagi orang-orang Rohingya. Dia mengatakan Pramudwinai setuju dengan gagasan tersebut. Namun penamaannya mungkin akan diganti. Sebab “zona aman” mengandung konotasi tertentu. Dengan adanya zona itu, para pengungsi Rohingya diharapkan dapat merasa aman untuk kembali. (republika/admin).