Otoritas Palestina membebaskan seorang pengusaha Palestina yang ditangkap ketika kembali dari konferensi ekonomi yang dipimpin Amerika Serikat di Bahrain pekan ini.

Kepemimpinan Palestina memboikot konferensi itu sebagai protes atas rencana ekonomi Amerika Serikat bagi perdamaian Palestina-Israel, dengan menyatakan bahwa presiden Donald Tramp menambah kerumitan bagi pihak Palestina dengan memotong bantuan.

Mereka menyebut sejumlah pengusaha Palestina yang menghadiri pertemuan itu sebagai “kaki tangan”. Salah Abu Miala, dari Kota Hebron di Tepi Barat yang diduduki Israel, adalah orang yang ditangkap setelah kembali. Saudara lelaki Abu Miala, yang minta jati dirinya tak disebutkan, mengatakan Abu Miala telah dibebaskan.

Seorang pejabat Palestina yang berbicara kepada Reuters dengan syarat tidak disebutkan jati dirinya mengatakan Abu Miala sudah dibebaskan sekitar Sabtu malam.

Kantor Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan dinas keamanan PA tidak menanggapi permintaan untuk berkomentar.

PA dan Organisasi Pembebasan Palestina telah menolak melakukan kontak dengan pemerintahan Tramp selama 18 bulan dengan menuduhnya bias terhadap Israel.

(republika/admin)