Jemaah haji tahun ini tak perlu khawatir jika tersesat atau membutuhkan bantuan saat berada di Tanah Suci. Pemerintah Arab Saudi telah memperluas cakupan layanan call center 911, sebagai saluran bagi jemaah haji yang membutuhkan petugas keamanan.

Pusat Operasi Keamanan Nasional Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi meluncurkan call center 911 di tiga lokasi baru, yaitu Riyadh, Shargiyah, dan Madinah. Pusat layanan itu sebelumnya telah ada di Makkah sejak 5 tahun lalu.

Layanan call center 911 tersebut telah disiapkan untuk melayani jemaah dari berbagai negara. Selain bahasa Arab, mereka juga melayani percakapan dalam bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Indonesia, dan Urdu.

Saat dalam keadaan darurat, jemaah haji cukup angkat telepon dan menghubungi nomor 911. Pusat layanan itu siap memberikan bantuan darurat apapun, baik saat jemaah haji tersesat, memerlukan bantuan di jalan, mengalami gangguan medis, hingga kehilangan barang.

Untuk memberitahukan layanan yang diberikan, Pusat Operasi Keamanan Nasional telah mengirimkan pesan melalui ponsel jemaah haji yang berisi tawaran bantuan.

Selama musim haji layanan tersebut tersedia 24 jam sehari, 7 hari dalam sepekan. Pusat layanan juga selalu memperbarui informasi melalui akun Twitter, antara lain memberitahukan perihal badai padang pasir, penutupan jalan karena kecelakaan kendaraan, hingga informasi tentang keberadaan hewan di jalan raya.

(kiblat/admin)