Menindaklanjuti perjanjian antara Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, Perwakilan dari Majelis Lingkungan Hidup dan Muhammadiyah Disaster Management Center PP Muhammadiyah melakukan kunjungan ke Kantor BMKG Pusat.

Muhyidin Mawardi, ketua MLH PP Muhammadiyah menyampaikan perihal kunjungan yang dilakukannya.

Kunjungan yang dilakukan merupakan upaya kerjasama anatara PP Muhammadiyah yang dalam kesempatan ini diwakili oleh MLH dan MDMC untuk meminimalkan korban bencana.

Muhyidin menuturkan bahwa Perjanjian ini merupakan bentuk usaha BMKG untuk semakin mendekatkan diri pada publik dengan menggandeng organisasi umat, yang dapat membantu BMKG menyebarluaskan informasi MKG pada masyarakat dengan menggunakan bahasa-bahasa yang mudah dimengerti oleh Umat..

Peringatan dini untuk mengantisipasi bencana alam misalnya telah dilakukan BMKG 3 hari sebelum kejadian, tetapi masyarakat atau pihak terkait tidak cepat tanggap dan tidak ditindaklanjuti, sehingga banyak memakan korban.

Untuk itulah, PP Muhammadiyah melakukan Kesepakatan Bersama dengan BMKG yang bertujuan untuk meningkatkan peran serta  organisasi dalam peningkatan pemahaman dan penyebarluasan informasi meteorologi, klimatologi, dan geofisika kepada masyarakat atau Umat.

Menyambut niatan tersebut, Dwikorita Karnawati, Kepala BMKG mengatakan, pihaknya membutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk membantu menyiapkan masyarakat atau umat tangguh bencana. (jurnalislam/admin).

Marhaban Romadhon SImpatiFM