Pertanyaan dari Refli Hasman

Bagaimana cara melawan dan menghilangkan bisikan2 syaitan di waktu sholat dan diluar sholat?

Jawaban :

Sobat pembaca yang budiman. Syetan akan senantiasa terus menggoda manusia agar ia memiliki teman saat di neraka nanti. Maka hendaknya kita terus beribadah kepada Allah hingga ajal menjemput kita. Diantara cara agar menghilangkan bisikan-bisikan setan pada diri kita yaitu:

Segera minta perlindungan kepada Allah dari godaan setan, yaitu mengucapkan, “Audzubillahi Minassyaiton Nirrojim.”

Allah berfirman dalam surat Fushilat ayat yang ke 36 :

“Dan jika syetan mengganggumu dengan suatu gangguan, Maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha mendengar lagi Maha mengetahui.”

Imam Bukhori dan Muslim meriwayatkan dari Abu Huroiroh  bahwa Rosululloh bersabda :

يَأْتِي الشَّيْطَانُ أَحَدَكُمْ فَيَقُولُ: مَنْ خَلَقَ كَذَا، مَنْ خَلَقَ كَذَا، حَتَّى يَقُولَ: مَنْ خَلَقَ رَبَّكَ؟ فَإِذَا بَلَغَهُ فَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ وَلْيَنْتَهِ

“Setan mendatangi kalian dan membisikkan: ‘Siapa yang menciptakan ini? Siapa yang menciptakan itu?’ sampai akhirnya dia membisikkan, ‘Siapa yang menciptakan Tuhanmu?’ jika sudah demikian, segeralah minta perlindungan kepada Allah, dan berhenti tidak memikirkannya.”

Dalam sholat, Rosululloh pernah memberikan solusi agar syetan berhenti mengganggu kita, Saat ada gangguan yang menyebabkan lupa bacaan maka segeralah membaca ta’awudz yaitu mengucapkan,  “A’uudzu billaahi minas-syaitaanirrajiim.”

Kemudian meludah ke kiri tiga kali. Hal ini pernah dialami oleh salah satu sahabat Rasulullah dan mengadukan hal tersebut kepadanya. Dalam riwayat Muslim, Rasulullah kemudian bersabda,

“Itulah setan yang disebut dengan khinzib. Apabila kamu merasakan kehadirannya, maka meludahlah ke kiri tiga kali dan berlindunglah kepada Allah.-st- Sahabat tersebut berkata, “Aku pun melakukan hal itu dan Allah menghilangkan gangguan itu dariku.”

Demikian, semoga bermanfaat.

Wallohu a’lam.