Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal dan Institut Pertanian Bogor melakukan kerja sama dalam mendeteksi produk halal. Kepala BPJPH Sukoso dan Rektor IPB Arif Satria menandatangani nota kesepahaman tentang deteksi produk halal di Ruang Senat IPB Bogor, Jawa Barat, Selasa kemarin.

Kerjasama dalam kerangka jaminan produk halal dengan perguruan tinggi negeri dilakukan oleh BPJPH sebagai tindak lanjut amanah Peraturan Pemerintah tentang Jaminan Produk Halal.

Rektor Arif Satria mengatakan, IPB telah memiliki Pusat Kajian Halal yang perannya ditingkatkan menjadi Halal Center. Hal ini sebagaimana diungkapkan Arif satria dalam keterangan tertulis BPJPH, Rabu kemarin.

Penandatanganan MoU itu mencakup kerja sama pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat pada bidang penjaminan produk halal. Arif mengatakan, IPB sebagai perguruan tinggi yang berpengalaman dalam riset dan pengembangan produk-produk pertanian dan bidang lain, siap berpartner dengan BPJPH. BPJPH menyambut baik inisiatif IPB untuk membantu jaminan produk halal.

Lingkup jaminan produk halal yang diemban BPJPH sangat luas. Selain registrasi dan sertifikasi, pembinaan dan pengawasan, juga kerja sama dan standardisasi. Sukoso mengatakan, IPB telah lama berkontribusi memperkuat dan mendesain norma kebijakan produk halal Indonesia.

(hidayatullah/admin)