Mantan politisi kelas atas Eropa mengecam Presiden Amerika serikat Donald Trum atas kebijakan satu sisi Israel-Palestina. Ia  menyerukan Eropa untuk menolak apapun rencana perdamaian Amerika serikat soal Timur Tengah kecuali itu adil bagi Palestina.

Pernyataan itu disampaikan melalui surat yang dikirim ke ke Guardian, Uni Eropa dan Eropa, dan ditandatangani oleh 25 mantan menteri luar negeri, enam mantan perdana menteri, dan dua mantan sekretaris jenderal NATO.

Eropa, katanya, harus menolak rencana apa pun yang tidak menciptakan negara Palestina bersama Israel dengan Yerusalem sebagai ibu kota bagi kedua negara.

Menurutnya, pemerintahan Amerika serikat saat ini telah menyimpang dari kebijakan Amerika yang sudah lama.

Sejak menjabat, dan di tengah pujian dari pemerintah Israel, Trump telah mengambil langkah-langkah yang dipandang sebagai hukuman terhadap Palestina dan yang juga menghambat kelangsungan negara Palestina.

Tim Amerika yang bertugas menyusun rencana tersebut termasuk menantu Trump, Jared Kushner, dan duta besar Amerika serikat untuk Israel, David Friedman, seorang pengacara bankir yang sangat vokal dalam dukungannya untuk permukiman Yahudi di wilayah Palestina.

Pekan lalu, Netanyahu memenangkan pemilihan Israel dan diperkirakan akan mendapatkan masa jabatan kelima dengan membentuk pemerintah koalisi dari partai-partai sayap kanan dan pro-pemukim. (jurnalislam/admin).

Marhaban Romadhon SImpatiFM