Wilayah Kashmir sampai saat ini masih dalam keadaan terisolasi. BBC dalam laporannya menyebut jaringan telepon seluler, telepon rumah dan akses internet di sana terputus. wilayah Kashmir segera disterilkan menjelang hari-hari pengumuman pencabutan otonomi Kashmir pada Senin lalu.

Puluhan ribu tentara dikerahkan ke Kashmir yang merupakan negara bagian di sebelah utara India. Dua mantan menteri utama Kashmir, Mehbuba Mufti dan Omar Abdullah menjadi tahanan rumah oleh pemerintah India.

BBC melaporkan pada Rabu kemarin bahwa sebagian besar komunikasi terputus. Petugas polisi yang berjaga di wilayah Kashmir diberikan telepon satelit. Hampir semua komunikasi warga setempat secara efektif terputus dari bagian negara lain.

Salah seorang pengelola toko di Kashmir, Rashid Alvi, mengatakan kehadiran militer ini telah mengubah kawasan itu seolah menjadi penjara. Dia juga menegaskan warga Kashmir tidak akan berdiam diri. Menurutnya, warga Kashmir akan turun ke jalan setelah tak bisa keluar rumah karena jam malam.

Laporan BBC menyebutkan wilayah Srinagar, ibu kota Kashmir yang dikelola India, menyerupai zona perang sejak Senin kemarin. Koresponden BBC mengatakan melihat banyak polisi di mana-mana. Barikade berada di depan gedung-gedung penting. Pasar, sekolah, dan perguruan tinggi juga ditutup.

internasional.republika/admin