Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyebut penambahan 10 ribu kuota haji diprioritaskan sebanyak 25 persen di antaranya bagi jemaah lanjut usia. Kemudian 25 persen lainnya bagi para pendamping lansia.

Menag menambahkan sebanyak 5 ribu kuota tambahan sisanya akan diperuntukkan bagi mereka yang berada pada antrean masa tunggu di provinsinya masing-masing. Ia mengatakan dalam waktu sesegera mungkin setidaknya satu hingga dua hari ke depan pihaknya akan segera mengumumkan distribusi pembagian kuota tambahan 10 ribu tersebut.

Menag mengakui musim haji tahun ini menjadi semakin kompleks tantangannya setelah ada kuota tambahan tersebut. Tantangan itu tidak sederhana. Karena 10 ribu itu jumlahnya cukup besar.

Lukman mengatakan, penambahan kuota tantangannya tidak sederhana. Oleh karenanya ia mengajak kepada seluruh petugas untuk memaknai penambahan ini bukanlah kendala ataupun beban, tetapi penambahan ladang amal.

Pada kesempatan itu sebanyak 1.108 petugas haji untuk berbagai bidang tugas mengikuti pembekalan yang akan dilakukan hingga 10 hari ke depan.

(republika/admin)