Puluhan jurnalis di Gaza Palestina menggalang aksi menolak blokade Zionis yang telah berlangsung selama 13 tahun pada Rabu kemarin. Para wartawan dari berbagai kalangan berkumpul di persimpangan Saraya di pusat Kota Gaza, berbaris menuju pos pemeriksaan Beit Hanoun di Jalur Gaza utara.

Kepala Kantor Informasi Pemerintah, Salameh Ma’ruf dalam pernyataannya mengatakan, acara dilakukan untuk menyerukan para jurnalis Palestina agar tetap dalam perjuangan mereka menghadapi blokade Israel yang tidak adil.

Ma’ruf menjelaskan, efek bencana yang diakibatkan blokade ini mencakup semua aspek kehidupan di Jalur Gaza, termasuk para jurnalis, yang sering diserang dan secara sengaja menjadi sasaran tembak mereka.

Dia mengatakan, pelanggaran terhadap jurnalis, diantaranya dengan mencegah para wartawan melakukan reportase peristiwa di lapangan, di samping melarang evakuasi korban luka untuk dirawat di Tepi Barat ataupun keluar negeri. Mereka juga mencegah masuknya peralatan keselamatan kerja ke Gaza.

Ma’ruf menyalahkan komunitas internasional karena gagal melindungi rakyat Palestina dan jurnalis dari serangan tentara Israel dan tidak mampu membuat komitmen dengan mereka agar menghentikan serangannya. (suaraislam/admin)

Marhaban Romadhon SImpatiFM