Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an atau LPMQ, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama akan menyelenggarakan Ijtima’ Ulama Al-Qur’an Tingkat Nasional.

Kepala LPMQ Mukhlis M Hanafi mengatakan, Ijtima’ yang digelar di Bandung, pada 8 hingga 10 Juli 2019 tersebut mengusung tema, “Uji Sahih Terjemahan Al-Qur’an Edisi Penyempurnaan”.

Menurutnya, ada dua agenda besar yang akan dibahas pada Ijtima’ Ulama Al-Qur’an Tingkat Nasional. Pertama, Seminar Penerjemahan Al-Qur’an. Seminar ini akan mendiskusikan kajian seputar penerjemahan Al-Qur’an dan hal-hal yang terkait dengan upaya penerjemahan Al-Qur’an.

Agenda kedua adalah pembahasan Terjemahan Al-Qur’an Kementerian Agama Edisi Penyempurnaan juz 21 sampai juz 30. Ini merupakan kelanjutan dari Mukernas Ulama Al-Qur’an tahun 2018 yang telah membahas juz 1 sampai juz 20.

Mukhlis menyampaikan bahwa Penyempurnaan terjemah Al-Qur’an ini merupakan rekomendasi dari Mukernas Ulama Al-Qur’an tahun 2015.

Ijtima’ Ulama Al-Qur’an Tingkat Nasional ini akan diikuti 110 peserta. Mereka adalah para ulama, akademisi, dan pemerhati kajian tafsir dan ilmu Al-Quran. Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia, Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud, Dosen Perguruan Tinggi Islam, Ulama dan Pengasuh Pondok Pesantren, Asosiasi Ilmu Al-Qur’an, dan Pusat Studi Al-Qur’an. (hidayatullah/admin).