Harakah Muqowamah Al-Islamiyah atau Hamas pada Senin (25/09/2017) kemarin mengadakan pertemuan umum dengan para pemimpin faksi Palestina di Kota Gaza. Pertemuan ini bertujuan untuk memberitahu perkembangan terakhir tentang rekonsiliasi nasional yang ditengahi oleh Mesir.

Pertemuan yang diselenggarakan oleh Departemen Hubungan Nasional Hamas, dihadiri oleh Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh, Ketua Hamas di Gaza, Yahya Sinwar, Wakilnya Khalil al-Hayya, dan Kepala Departemen Hubungan Nasional di Gaza, Salah Al-Bardawil.

Dalam pertemuan ini, Haniyeh kembali meninjau hasil kunjungannya baru-baru ini selama 10 hari ke Kairo dan berkas-berkas yang didiskusikan dengan pejabat Mesir. Dia juga menginformasikan faksi-faksi yang hadir tentang posisi Hamas mengenai rekonsiliasi ini.

Dalam rangka untuk mengatur panggung politik Palestina, Haniyeh menegaskan kebutuhan mendesak untuk membangun kembali pemerintah persatuan, mereformasi PLO dan menyetujui sebuah program politik untuk tahap saat ini. Rekonsiliasi ini menunjukkan Tepi Barat maupun Gaza akan menjadi di jantung jalur rekonsiliasi untuk mencari solusi atas semua masalah di Palestina.

(kiblat.net)

Marhaban Romadhon SImpatiFM