Memuji upaya Bangladesh untuk menyelesaikan krisis kemanusiaan yang sedang berlangsung, Dewan Rohingya Eropa telah mendesak pemerintah Myanmar untuk mengakhiri kekerasan terhadap Muslim Rohingya. Selain itu Dewan Rohingya Eropa juga meminta supaya Myanmar memastikan proses pemulangan Muslim Rohingya yang aman ke rumah mereka di negara bagian Rakhine.

Sebagaimana dikatakan Tengku Emma Zuriana, perwakilan untuk Malaysia dari Dewan Rohingya Eropa, dalam sebuah pernyataan yang dikirim kepada AboutIslam.net beberapa waktu yang lalu.

Dalam laporannya yang dirilis awal pekan ini, Amnesty International menyatakan pemerintah Myanmar menjalankan rezim apartheid terhadap Muslim Rohingya, memisahkan mereka selama bertahun-tahun dengan mengisolasi mereka dari kehidupan yang semestinya.

Dewan tersebut mengingatkan proses repatriasi atau pemulangan kembali akan serupa pada tahun 1990an dan awal 2000an ketika puluhan ribu pengungsi Rohingya kembali dari Bangladesh ke Myanmar dengan bantuan Badan Pengungsi PBB.

(muslimdaily.net)