Lima faksi Palestina menegaskan pentingnya menyukseskan dialog nasional Palestina di Kairo. Mereka juga menyerukan untuk meninjau kembali status PLO atau Organisasi Pembebasan Palestina dan pencabutan sanksi kolektif yang diberlakukan Otoritas Palestina terhadap Jalur Gaza.

Lima faksi Palestina yang terdiri dari Gerakan Jihad Islam, Front Rakyat Komando Umum, Front Demokratik, Front Rakyat dan Gerakan Pembebasan Rakyat, dalam keterangan pers yang dirilis hari Sabtu (18/11/2017) yang lalu menyambut baik undangan dari Mesir untuk menggelar dialog nasional Palestina pada 21 November 2017 nanti.

Mereka menegaskan pentingnya menyukseskan dialog, karena bisa mendukung kepentingan dan kemaslahatan rakyat Palestina dan isu nasionalnya, serta memperkuat hubungan Palestina-Mesir.

Mereka menyerukan agar segera diatasi persoalan-persoalan sosial dan kebutuhan hidup bagi rakyat di Jalur Gaza, di antaranya adalah pencabutan sanksi kolektif, disegerakan pembukaan gerbang Rafah dan jaminan pada semua kebutuhan hidup warga.

Kelima faksi ini menyambut baik kesepakatan rekonsiliasi antara Hamas dan Fatah yang terjadi pada 12 Oktober 2017 lalu. Mereka menegaskan pentingnya segera mengatasi isu-isu sosial dan kebutuhan hidup rakyat di Jalur Gaza.

(Pusat Informasi Palestina)