Komunitas Muslim di Marsden Park, pinggiran kota Sydney telah mengundang orang-orang yang kehilangan rumah atau tempat tinggal mereka dalam kebakaran hutan untuk tinggal di masjid. Masjid yang baru-baru ini dibuka untuk pengungsi ini dikelola oleh Forum Internasional untuk Muslim Australia. Hal ini sebagaimana dilaporkan media Australia hari kemarin.

Menurut direktur Charity International Australia, Rab Nawaz, umat muslim diharapkan membantu orang-orang di masa-masa krisis. Diantara bentuk kepedulian muslim adalah menyediakan masjid sebagai tempat tinggal bagi korban kebakaran.

Masjid yang buka setiap hari untuk ibadah itu meliputi ruang shalat yang luas serta sebuah dapur yang menyediakan makanan. Nawaz mengatakan meskipun belum ada korban yang datang ke masjid, komunitas Muslimnya telah ikut serta membantu korban kebakaran yang mungkin membutuhkan bantuan.

Kebakaran hutan baru-baru ini di New South Wales telah menyebabkan kematian dari dua puluhan warga Australia dengan kerusakan lebih dari 2 ribu rumah.

Selain itu, Lembaga amal Muslim juga telah mengumpulkan makanan dan barang lain yang dibutuhkan dan mendonasikannya ke bank makanan Rural Fire Service setempat.

hidayatullah/admin