Menteri Pemberdayaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi atau Menpan-RB, Syafruddin berharap penyelenggaraan ibadah haji 1440 Hijriyah berjalan lancar dan sukses. Hal itu disampaikannya saat mengunjungi Asrama Haji Pondok Gede ketika pelaksanaan Pembekalan Terintegrasi Petugas Haji Arab Saudi, pada Ahad kemarin.

Syafruddin mengatakan bahwa kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji salah satunya adalah faktor dari petugas haji. Karena itu, ia mengharapkan dan mengimbau para petugas haji bisa membantu melayani dan membina serta melindungi jamaah haji.

Sebab lanjutnya tanpa bantuan dan layanan yang baik dari petugas Haji maka dikhawatirkan akan mengurangi kenyamanan jamaah dalam melaksanakan ibadah haji.

Semoga, harap Syafruddin, dengan bantuan dan layanan dari petugas haji, maka jamaah bisa melaksanakan ibadah dengan baik dan mendapatkan predikat haji mabrur. Ia pun mendoakan petugas haji mendapatkan haji mabrur.

Pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini, jumlah jamaah haji Indonesia sebanyak 231 ribu orang, yang terdiri atas 214 ribu jamaah haji reguler dan 17 ribu jamaah haji khusus.

Sedangkan petugas haji secara keseluruhan berjumlah 4.100 orang yang terdiri atas petugas kesehatan, akomodasi, transportasi, konsumsi, katering, perlindungan jamaah dari TNI/Polri, pembimbing ibadah, Media center Haji atau MCH dan petugas dari Kementerian Agama. (ihram/admin).

Marhaban Romadhon SImpatiFM