Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatra Barat mendukung upaya Pemerintah Provinsi Sumbar untuk melakukan sertifikasi halal bagi restoran yang ada di ranah Minang.

Menurut Ketua Muhammadiyah Sumatra Barat, Shofwan Karim, walau masakan Padang mayoritas halal, tetap memerlukan sertifikasi untuk menjamin kepercayaan dari konsumen, terutama wisatawan yang datang ke Sumbar.

Shofwan menyatakan pihaknya menyambut baik sertifikasi halal ini. Menurutnya pemerintah harus menggencarkan sosialisasi, begitu juga dengan masyarakatnya sendiri.

Shofwan memperhatikan, upaya sosialisasi dari pemerintah dan pihak yang terlibat lainnya dalam mensosialisasikan sertifikasi halal restoran di Sumbar ini masih belum gencar. Hal itu menyebabkan jumlah restoran yang mengantongi sertifikat halal masih minim.

Seperti diketahui, Dinas Pariwisata Sumbar pekan ini menyebutkan jumlah restoran yang sudah mengantongi sertifikat halal baru 24. Pemprov Sumbar menargetkan sampai akhir 2019 ini ada 47 restoran Sumbar yang sudah sertifikasi halal.

Pemprov Sumbar ingin semakin banyak restoran bersertifikat halal agar Sumbar semakin dipercaya sebagai destinasi wisata halal di Indonesia. Selain restoran, Dinas Pariwisata juga menginginkan perhotelan Sumbar juga bersertifikat halal. (republika/admin).