Ketua Majelis Ulama Indonesia Bidang Hubungan Luar Negeri, Muhyiddin Junaidi, mengatakan MUI mendukung penuh sikap pemerintah Indonesia yang mengecam keras kebijakan Israel yang membangun permukiman ilegal Yahudi di Tepi Barat, Wilayah Palestina. Hal ini sebagaimana diungkapkan Muhyiddin kepada media kamis kemarin.

Menurutnya, sikap arogan Israel tersebut menunjukkan kepada masyarakat International bahwa Israel tak punya niat baik dalam upaya damai atas konflik Palestina-Israel.

Muhyidin juga menambahkan bahwa Israel telah melanggar banyak resolusi Dewan Keamanan PBB dan konvensi Internasional terkait pembangunan rumah di Tepi Barat Palestina. Karena itu, menurut Muhyidin sudah saatnya PBB mengambil tindakan tegas dengan mengeluarkan Israel dari PBB.

Selain itu, dia juga meminta kepada pemerintah Amerika Serikat dan negara sekutunya untuk berhenti menerapkan kebijakan ganda tentang konflik Israel-Palestina.

Dilansir Antara, pada pertemuan Dewan Keamanan PBB mengenai Palestina di New York, Amerika serikat, Selasa yang lalu, Indonesia telah mengecam sikap Israel yang sama sekali tidak menunjukkan itikad baik dalam upaya damai atas konflik Palestina-Israel.  Hal ini diungkapkan Wakil Tetap RI untuk PBB di New York Duta Besar, Dian Triansyah Djani, melalui keterangan tertulis, Rabu kemarin.

khazanah.republika/admin