Majelis Ulama Indonesia menyampaikan rasa keprihatinan yang sangat mendalam atas munculnya wabah virus corona yang menyebar di Kota Wuhan, China. MUI juga meminta pemerintah Indonesia menyelamatkan warga negara Indonesia di daerah terpapar virus corona di China.

Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa’adi menyampaikan, sampai hari ini virus corona telah menelan korban 131 orang dan kemungkinan besar akan terus bertambah korbannya. MUI meminta pemerintah Indonesia mengambil langkah-langkah penyelamatan WNI yang masih berada di Kota Wuhan dan daerah terpapar virus corona lainnya. Hal ini sebagaimana diungkapkan Zainut kepada media rabu kemarin.

Ia juga menyampaikan bahwa MUI mengimbau kepada seluruh masyarakat agar menaati anjuran pemerintah melalui travel warning untuk tidak melakukan perjalanan ke negara-negara yang terpapar virus corona. Sebaliknya untuk sementara waktu pemerintah perlu menolak kunjungan warga asing dari wilayah yang terpapar virus corona. Hal ini semata untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona di Indonesia.

MUI meminta kepada imigrasi di bandara dan pelabuhan di seluruh Indonesia untuk melakukan test kesehatan secara ketat.

 khazanah.republika/admin