Pemimpin Maharashtra Navnirman Sena atau MNS, partai nasionalis sayap kanan India, Raj Thackeray, mempermasalahkan penggunaan pengeras suara di masjid-masjid di India dalam pidatonya pada Kamis lalu.   Sehari berselang, anggota parlemen dari Partai All India Majlis-e-Ittehadul Muslimin, Imtiaz Jalil, menyerang balik Thackeray.

Jalil mengaku heran mengapa Thackeray baru sekarang terganggu dengan pengeras suara masjid, sedangkan masjid sudah menggunakannya sejak lama. Hal ini diungkapkan jalil sebagaimana dikutip Indian Express, Jumat setelahnya.  Terlebih, kata Jalil, Raj Thackeray telah aktif dalam politik sejak lama. Tapi dia baru mengomplain soal pengeras suara masjid itu sekarang.

Jalil juga mempertanyakan perubahan sikap partai nasionalis sayap kanan di bawah kepemimpinan Raj Thackeray. Sebab, MNS bersama Thackeray sekitar empat bulan lalu masih jadi pengkritik keras Perdana Menteri Narendra Mondi dan partainya BJP.  Namun, sekarang MNS malah mendukung undang-undang kewarganegaraan baru India yang diskriminatif terhadap Muslim yang diusung Mondi.

 khazanah.republika/admin