Kantor berita Bangladesh mengatakan, bahwa Perserikatan Bangsa-Bangsa meminta para pemimpin dunia mendesak Myanmar memulangkan Muslim Rohingya dari tempat mereka melarikan diri Bangladesh.

Penasehat Khusus PBB untuk pencegahan genosida, Adama Dieng mengatakan, pemimpin negara harus membantu mendesak Myanmar mengembalikan warganya yang melarikan diri ke negara tetangganya. Sebab, Bangladesh tidak mampu menangani pengungsi hanya sendiri.

Dieng mengatakan bahwa Bangladesh tidak dapat menyelesaikan masalah Rohingya sendirian, dan masyarakat internasional harus meningkatkan tekanan pada Myanmar untuk menyelesaikannya.

Dieng melakukan kunjungan kehormatan dengan Perdana Menteri Sheikh Hasina di kantornya. Dieng menekankan perlunya pemulangan Rohingya ke tanah air mereka, yang damai bermartabat dan aman untuk solusi permanen bagi krisis.

Dieng mewakili PBB juga turut memuji kontribusi Bangladesh dalam memberikan perlindungan kepada lebih dari jutaan pengungsi Rohingya.

Hasina mengatakan, pemerintah Bangladesh kini tengah mengurus sebuah pulau bernama Bhashanchar untuk melindungi Rohingya, meskipun pengamat internasional telah memperingatkan bahwa pulau itu rawan bencana alam.

Marhaban Romadhon SImpatiFM