Harapan sejumlah asosiasi Islam di Jerman untuk mengenalkan agama Islam di pelajaran sekolah harus kandas di tengah jalan. Pasalnya, pengadilan negeri di Jerman menolak izin masuknya ajaran Islam sebagai salah satu mata pelajaran sekolah-sekolah.

Dua asosiasi agama Islam terbesar di Jerman, Dewan Pusat Muslim Jerman dan Islamrat mengaku gagal setelah pengadilan menolak dengan alasan pelajaran agama Islam tidak memenuhi kriteria asosiasi keagamaan berdasarkan definisi konstitusi Jerman.

Pengadilan pun bersikap tegas dengan menyebut asosiasi Islam tidak dapat mengklaim hak istimewa yang sama dengan gereja Katolik dan Protestan.

Dewan Pusat Muslim Jerman dan Islamrat dianggap belum memenuhi otoritas atas komunitas Muslim, apalagi mengklaim hak istimewa untuk pelajaran agama Islam masuk di sekolah.

Sebenarnya, pendidikan agama Islam sudah diperkenalkan sejak 2012 lalu di bawah pengawasan pemerintah Jerman. Hanya saja program pengenalan itu akan berakhir pada tahun 2019. setelah program itu habis, maka tidak ada lagi pendidikan agama Islam yang didapat siswa Muslim di sekolah.

(eramuslim.com)