Percetakan Alquran King Fahad milik Kerajaan Arab Saudi yang berlokasi di Madinah terkenal sebagai pusat percetakan Alquran terbesar di dunia. Lembaga ini memproduksi sebanyak 18 juta eksemplar mushaf Alquran setiap tahun. Salinannya diterjemahkan ke dalam 78 bahasa, seperti Prancis, Urdu Turki, dan bahasa Indonesia.

Juru Bicara dan Pengawas Percetakan Alquran King Fahad, Hasan Al-Harb, mengatakan, lembaga ini didirikan  pada tahun 1980-an. Dan secara umum, sudah memproduksi 300 juta eksemplar Alquran dan mendistribusikannya ke berbagai negara di seluruh dunia. Hal ini sebagaimana diungkapkan Juru Bicara dan Pengawas Percetakan Alquran King Fahad, Hasan Al-Harb kepada para wartawan saat mengunjungi tempat tersebut, Selasa kemarin.

Selain mencetak dalam bentuk buku, percetakan Alquran ini juga membuat salinan Alquran dalam bentuk digital melalui aplikasi gawai. Dengan teknologi digital, umat Islam tidak hanya dapat membaca Alquran dan terjemahannya sesuai dengan bahasa masing-masing, tapi juga mendengarkan suara bacaan Alquran.

Dia menambahkan bahwa seluruh pekerja di percetakan tersebut bekerja di bawah sumpah guna menghindari kesalahan yang disengaja dan menjaga proses pencetakan salinan Alquran berjalan dengan baik.

(ihram/admin)