Puluhan Muslim dikabarkan telah menggelar shalat berjamaah di jalanan kota Paris. Aksi ini dilakukan dalam rangka memprotes penutupan Masjid Clichy pada Maret 2017 lalu.

Melansir Los Angeles Times pada Sabtu (11/11/2017) kemarin, aksi ini menuai protes dari warga yang tidak mengakui Islam sebagai agama terbesar kedua di Prancis sejak lama. Menurut laporan, saat Muslim mulai mengangkat tangan dan mengatakan “Allahuakbar,“ para demonstran mulai meneriaki mereka dan mulai menyanyikan lagu kebangsaan Prancis.

Para Muslim berdoa sambil memegang banner bertuliskan dukungan untuk sebuah masjid yang ditutup. Mereka berjanji akan terus melakukan protes selama tuntutan mereka tidak dikabulkan. Begitu pula para demonstran yang didukung Presiden Area Paris, Valerie Pecresse,  juga menyatakan hal serupa.

Prancis dikenal dengan negara yang berulang kali melarang simbol Islam di publik. Negara itu tidak memiliki banyak masjid untuk menampung 5 juta Muslim di dalamnya. Penutupan Masjid Clichy di kota itu baru-baru ini memperparah kondisi tersebut.

(islampos.com)

Marhaban Romadhon SImpatiFM