Ketua MPR RI Bambang Susatyo mengatakan bahwa Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud akan berusaha menambah kuota haji jamaah Indonesia dari 231 ribu menjadi 250 ribu.

Bamsut memang menyampaikan permintaan penambahan kuota tersebut saat bertemu Raja Arab Saudi di kompleks Kerajaan Arab Saudi.

Perlunya penambahan kuota jamaah haji tersebut disebabkan besarnya antusias dan penduduk Muslim Indonesia yang mencapai ratusan juta jiwa, menyebabkan masa tunggu berangkat haji bisa mencapai 20 tahun lebih.

Bamsut mengaku, pihaknya memahami bahwa bukan hanya penduduk Indonesia saja yang ingin menunaikan ibadah haji, melainkan seluruh umat Muslim dunia.

Akan tetapi, mengingat Indonesia adalah negara berpenduduk Muslim terbesar dunia, pihaknya memohon kepada Raja Salman agar kuota haji Indonesia ditambah.

Ia menyebut penambahan itu bisa memangkas waktu tunggu setidaknya menjadi di bawah 10 tahun. Sehingga bisa mempercepat penduduk Indonesia menunaikan rukun Islam kelima, menunaikan ibadah haji.

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia ini pun menitipkan para warga negara Indonesia yang bekerja di Arab Saudi, baik di proyek perluasan kawasan Masjidil Haram maupun yang bekerja di berbagai sektor industri dan jasa rumah tangga. Sebagai sesama negara berpenduduk Muslim, sudah seyogianya mengedepankan persaudaraan sesama Muslim.

hidayatullah/admin