Rencana Pemerintah Assam menutup madrasah-madrasah di wilayah itu mendapat penolakan dari komunitas Muslim di Assam, ibu kota Dispur, Guwahati, India. Keputusan pemerintah untuk menutup madrasah telah menyakiti komunitas Muslim di wilayah tersebut.

Sebelumnya Menteri Pendidikan India, Himanta Biswa Sarma mengatakan bahwa pemerintah akan menutup semua madrasah yang dikelola pemerintah dalam 4 hingga 5 bulan ke depan. Madrasah-madrasah yang berada di Assam rencananya akan dimodernisasi dan diubah menjadi sekolah menengah. Komunitas Muslim merasa pemerintah sengaja mengambil keputusan itu untuk membuat Muslim merasa seperti warga kelas dua di negara asalnya.

seorang warga Imran Rasul mengatakan bahwa Muslim asli Assam selalu hidup bersama dengan orang-orang dari komunitas lain dengan rasa kesetaraan dan persaudaraan. Namun, dengan pemerintah menerapkan kebijakan baru seperti itu, dia menilai pemerintah mendiskriminasi umat Islam.

Berbeda halnya dengan pemerintah Uttar Pradesh. Dalam anggaran tahun ini, yang baru-baru ini dipresentasikan, telah mengalokasikan dana bantuan untuk Madrasah dan perpustakaan. Selanjutnya, pemerintah Uttar Pradesh juga memberikan dana untuk modernisasi Madrasah Arab-Persia.