Ribuan warga Banten yang tergabung dalam Forum Persaudaraan Ummat Islam Banten atau FPUIB kembali melakukan aksi solidaritas muslim Uighur, pada Senin kemarin.

Mereka melakukan longmarch puluhan kilometer sambil memberitakan kondisi muslim Uighur kepada masyarakat melalui orasi-orasi.

Mereka juga menggalang dana untuk muslim Uighur, menandatangani petisi solidaritas dan mengumumkan pernyataan sikap umat Islam Banten terkait penindasan muslim Uighur oleh pemerintah Cina.

Ketua Aksi Solidaritas Uighur Serang, Ahmad Lamon mengatakan bahwa sejak setahun lalu, pemerintah Indonesia tidak menunjukkan keberpihakan terhadap tragedi kemanusiaan di Xinjiang Cina.

Pihaknya menuntut pemerintah RI untuk segera mengambil keputusan tegas memutus hubungan diplomatik dan mengusir duta besar Cina. Ia juga mengimbau kaum muslimin untuk menolong muslim Uighur, khususnya dengan doa.

Ahmad Lamon juga mengimbau kaum muslimin untuk melakukan boikot terhadap seluruh produk Cina sebagai bentuk pembelaan dan kepedulian terhadap saudara kita di Uighur.

Tak lupa, ia mendesak seluruh anggota Organisasi Konferensi Islam dan dunia international untuk bersikap tegas, serta melakukan langkah-langkah strategis untuk membantu menghentikan kekejaman terhadap muslim Uighur.

jurnalislam/admin