Ribuan umat Islam di Kota Sukabumi melaksanakan shalat gerhana matahari di Masjid Agung Kota Sukabumi Kamis siang kemarin. Mereka menjalankan shalat kusuf dan diakhiri dengan ceramah. Shalat kusuf tersebut tepatnya dilakukan setelah shalat Dzuhur berjamaah. Momen yang berjalan khidmat ini diawali dengan informasi tata cara pelaksanaan shalat kusuf oleh DKM Masjid Agung Kota Sukabumi.

Seperti diketahui pada saat fenomena gerhana matahari berlangsung, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan shalat gerhana atau disebut shalat sunat kusuf. Hukum shalat gerhana matahari adalah sunat muakkadah, atau sangat dianjurkan.

selain di sukabumi, shalat kusuf juga dilaksanakan di Bandung. Sekitar seribu  Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, bersama sejumlah masyarakat menggelar salat Gerhana Matahari di Masjid Agung Al-Ukhuwah Jalan Wastukancana, Bandung, Kamis kemarin.  Shalat Gerhana yang digelar usai Shalat Dhuhur ini berlangsung khusyu dengan bacaan surat yang cukup panjang.  Selain aparatur Negara, sejumlah masyarakat juga ikut serta dalam gelaran shalat gerhana tersebut.

khazanah.republika/admin