Tiga puluh tujuh orang yang diyakini Muslim Rohingya dari Myanmar ditemukan di sebuah pantai di Malaysia utara pada Senin kemarin.

Kedatangan ini merupakan yang terbaru dalam apa yang dikhawatirkan pihak berwenang bisa menjadi gelombang baru penyelundupan manusia melalui laut.

Puluhan orang Rohingya di Myanmar dan Bangladesh dalam beberapa bulan terakhir telah berusaha mencapai Malaysia melalui laut.

Bulan lalu, 35 migran ditemukan di pantai Sungai Belati di negara bagian Perlis.

kepala polisi negara bagian, Nur Mushar Mohamad mengatakan bahwa sebanyak 37 orang ditahan di sekitar kota Simpang Empat setelah mendarat di pantai yang sama di pagi hari.

Pihaknya meyakini mereka bepergian dengan kapal yang jauh lebih besar, sebelum dipindahkan ke kapal yang lebih kecil di laut dan dibawa ke tempat yang berbeda.

Wabah kekerasan sektarian di Rakhine pada 2012 mendorong puluhan ribu Rohingya meninggalkan Myanmar melalui laut. Eksodus memuncak pada tahun 2015, ketika sekitar 25 ribu orang melarikan diri melintasi Laut Andaman ke Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Dan banyak dari mereka yang tenggelam dalam perahu yang kelebihan muatan. (arrahmah/admin). 

Marhaban Romadhon SImpatiFM