Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi menyambut semua jamaah dari seluruh dunia tanpa diskriminasi dan berusaha untuk meningkatkan kualitas layanan. Demikian diumumkan Wakil Menteri Abdul Fattah Mashat.

Mashat menyambut jamaah Qatar. Dia mengatakan kementerian telah memberikan mereka solusi praktis untuk mendaftar haji melalui platform elektronik yang dapat diakses dari lokasi mana pun untuk menyelesaikan prosedur sebelum tiba di Bandara King Abdulaziz di Jeddah.

Mengenai pemblokiran situs web pihak Qatar yang memberikan tautan untuk melamar haji, ia mengatakan kementerian secara teratur memonitor situs-situs tersebut dan menyediakan platform alternatif jika diblokir.

Dia menegaskan bahwa semua layanan yang diberikan kepada para jamaah juga tersedia untuk jamaah Iran atau yang lainnya.

Mengenai peran kementerian dalam mencegah layanan haji palsu, Mashat menekankan salah satu langkah paling penting yang telah dilakukan adalah meningkatkan kesadaran para jamaah tentang hal tersebut, baik di dalam atau di luar Arab Saudi.

Dia menekankan bahwa layanan apa pun yang tidak termasuk dalam situs web kementerian adalah palsu. Dia mendesak semua jamaah untuk secara akurat memeriksa informasi dan memastikan mereka berada di antara layanan yang terdaftar secara elektronik dengan kementerian.

Dia juga meminta mereka untuk tidak memposting pesan dan teks yang mempromosikan layanan tersebut.

Mashat mengatakan para jamaah dapat dengan jelas melihat semua layanan yang terdaftar di situs web kementerian, mengungkapkan bahwa pihak berwenang merusak sejumlah layanan palsu tahun lalu.

(kiblat/admin)

Marhaban Romadhon SImpatiFM