Forum Dakwah Perbatasan menggelar aksi sosial dengan khitan massal anak-anak kurang mampu di Pulau Banyak, pulau terluar di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh.

Ketua Forum Dakwah Perbatasan,Nurkhalis, yang dihubungi dari Banda Aceh, Jumat kemarin mengatakan khitan massal merupakan rangkaian Safari Dakwah Perbatasan yang berlangsung sejak 21 Juni 2019.

Dia mengatakan bahwa ada 21 anak kurang mampu di Pulau Banyak yang disunat gratis. Khitanan massal ini bekerja sama Dinas Kesehatan Aceh, Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin, dan Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala.

Nurkhalis yang juga dokter spesialis jantung dan pembuluh darah itu menyebutkan, khitanan massal dilakukan untuk mengurangi beban ekonomi masyarakat di pulau terluar, mengingat sunat juga membutuhkan biaya.

Selain itu, kata dia, juga sebagai edukasi dan memberikan kesadaran kepada kaum muslim bahwa sunat merupakan bagian dari kewajiban dalam Islam yang harus diselesaikan.

Pulau Banyak adalah sebuah kepulauan yang terdiri atas 63 pulau besar dan kecil yang terletak di Samudra Hindia, sebelah barat Pulau Sumatra berjarak 26 mil laut lepas pantai Kabupaten Singkil. (republika/admin).