Juru bicara Taliban Suhail Shahin mengatakan pembicaraan atau dialog ketujuh dan terakhir dengan Amerika Serikat sangat penting. Hal tersebut ia katakan pada hari kedua pembicaraan perdamaian dengan utusan khusus Amerika, Zalymay Khalilzad di Qatar.

Shahin mengatakan kedua belah pihak ingin mendapatkan ‘hasil nyata’. Kini mereka tengah menuntaskan perjanjian yang akan menarik 20 ribu pasukan Amerika dan NATO dari Afghanistan erta mengakhiri perang terpanjang Amerika.

Perjanjian ini juga diharapkan memberi jaminan Afghanistan tidak lagi menjadi markas teroris yang melakukan serangan ke seluruh dunia. Pertemuan terakhir ini digelar dari Sabtu kemarin dan diperkirakan baru akan berakhir pekan depan.

Wakil direktur Program Asia, Maekel Kugelman mengatakan bahwa mendapatkan kesepakatan perdamaian yang komprehensif sebelum tanggal 1 September bukan sebuah keajaiban.

Menteri Luar Negeri Amerika, Mike Pompeo mengatakan Washington berharap kesepakatan yang akan mengakhiri perang di Afghanistan, dapat lahir sebelum 1 September.

Kugelman mengatakan perjanjian tersebut dapat segera dirilis mengingat isu di Afghanistan mulai memperlihatkan kemajuan. (republika/admin).