Anggota Dewan Perwakilan Daerah atau DPD RI asal DKI Jakarta sekaligus seorang tokoh muslim Andi Mappetahang Fatwa yang lebih dikenal dengan nama AM Fatwa, meninggal dunia pada pada Kamis (14/12/2017) pagi di usia 78 tahun. Penyebab meninggal salah satu pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) itu belum diketahui.

Jenazah AM Fatwa dishalatkan di rumah duka di Pasar Minggu, Jakarta. Usai salat Zuhur, jenazah dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Sementara itu, Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini mengucapkan duka cita atas meninggalnya politisi senior, AM Fatwa. Menurutnya, dengan wafatnya AM Fatwa, Indonesia kehilangan salah satu putra terbaiknya. Ucapan bela sungkawa disampaikan Jazuli pada hari Kamis (14/12/2017) kemarin.

Menurut Anggota Komisi I ini, AM Fatwa layak dijadikan guru dan teladan dalam keteguhannya memperjuangkan nilai-nilai dan prinsip-prinsip kebenaran dan kebaikan.

Atas seluruh kegigihan, keteguhan, dan idealismenya itu, menurut Jazuli, AM Fatwa layak disebut sebagai tokoh perlawanan terhadap otoritarianisme.

(islampos.com)