Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mendesak komunitas internasional bergabung melawan upaya Israel melemahkan solusi dua negara dengan Palestina. Hal itu dia sampaikan saat berbicara di komite menteri untuk Palestina yang menjadi bagian dari KTT Gerakan Non-Blok (di Baku, Azerbaijan, Rabu kemarin.

Dia mengungkapkan selain pendudukan, kebijakan ekspansionis Israel juga sedang berlangsung di Palestina. Pernyataan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang ingin mencaplok seluruh wilayah Tepi Barat adalah bukti dia memiliki visi membangun negara apartheid rasialis.

Cavusoglu meminta anggota Gerakan non Blok mendesak Israel agar mematuhi hukum internasional. Menurutnya, pengakuan terhadap Palestina oleh semua komunitas internasional adalah wajib untuk menciptakan perdamaian permanen.

Pada kesempatan itu, dia menyatakan dukungan pada perjuangan sah GNB, yang didirikan guna mendukung dekolonisasi, kemerdekaan, dan solidaritas nasional untuk kebebasan dan penentuan nasib sendiri bangsa Palestina. Cavusoglu mencatat perjuangan Palestina sedang melalui salah satu periode terberat dari sejarahnya.

internasional.republika/admin