Aksi cepat tanggap telah memberikan Humanity Water Tank atau penyalur air untuk warga Gaza. Adanya pasokan air bersih yang dibawa Aksi Cepat Tanggap pekan ini menjadi suatu hal yang sangat disyukuri warga Gaza. Bantuan air bersih ini menjadi program reguler ACT untuk rakyat Gaza.

Hingga kini, kebutuhan air bersih masih menjadi hal yang krusial dan mulai sulit didapat oleh warga Gaza. Sumber air bersih mereka jumlahnya terbatas. Kalaupun ada yang menjual, harga yang dipatok sangat tinggi. Tangki Air bersih tersebut adalah hasil bantuan dari berbagai kalangan di Indonesia. Hal ini sebagaimana diungkapkan tim Global Humanity Response ACT, Andi Noor Faradiba dalam keterangannya selasa kemarin.

Sekitar lebih dari 19 ribu jiwa dalam seminggu menjadi penerima manfaat dengan rata-rata 20 liter air yang diterima satu orang per harinya. Dalam satu minggu, armada bekerja selama enam hari. Air bersih libur dipasok antara hari Jumat, Sabtu, atau Ahad.

Humanity Water Tank rutin menyalurkan air di seluruh wilayah Gaza, dari Gaza Utara hingga Rafah. Bantuan air ini akan terus mendampingi warga Gaza, khususnya masyarakat prasejahtera, sekolah-sekolah, masjid, fasilitas kesehatan, dan sarana umum lainnya.

  khazanah.republika/admin